Mengunjungi Kocaeli

Günaydın! 🙂
Alhamdulillah, satu lagi hari nan cerah di penghujung musim panas 2015. Suhu mulai menurun, hembusan angin mulai membawa hawa sejuk, dedaunan pohon di taman-taman sudah terlihat menguning. Musim gugur akan segera tiba. Beberapa pekan lagi pun kami semua sudah akan masuk kuliah. I’m wondering how my first day at college gotta be. Çok heyecanlıyım. I’m very excited!.

Musim panas berlalu dengan .. entahlah, tidak begitu cepat sebenarnya. Tapi, ya, berlalu dengan baik. Berlalu dengan kenangan yang dibawanya. Banyak orang menghabiskan libur panjang musim panas melakukan trip ke berbagai kota atau bahkan luar negeri. Waktu siang hari yang begitu panjang pada musim panas membuat semua orang merasa memiliki waktu yang lebih lama dalam satu hari. Pada musim panas, kamu bisa berkeliling di luar mulai dari pagi, sampai malam pukul 8 di bawah sinar mentari. Walalupun suhu udara panas sekali di luar.

Sıcak değil de. Nem, çok nem.

Aku juga menghabiskan waktuku dengan pergi jalan-jalan. Tidak begitu jauh, dan hanya ke satu kota. Aku pergi selama 3 hari ke Kocaeli, kota yang bersebelahan dengan Istanbul, dan menginap di asrama temanku selama disana. Kocaeli benar-benar berbeda dengan Istanbul. Jauh berbeda. Kocaeli adalah kota yang lebih sepi, jalanan tidak dilalui banyak mobil sebanyak di Istanbul, dan pemandangan perbukitan yang indah sekali bisa kamu nikmati dari dalam bus. Bahkan, kamu bisa memandang perbukitan hijau itu dari jendela asrama.

Hari pertama di Kocaeli, aku dan beberapa teman Indonesia yang tinggal disana diundang untuk datang ke rumah keluarga Turki yang istrinya adalah orang Indonesia. Kesempatan berharga untuk .. kamu mengerti

Kami memasak beberapa menu. Setelah makan-makan yang diakhiri dengan makan ıslak kek yang merupakan kejutan ulang tahun terlambat pemilik rumah, dan foto-foto, kami pulang. Selama tiga hari disana, aku menginap di dua asrama berbeda yang jarak satu ke yang lain lumayan jauh. Satu tingkat di atas ‘lumayan jauh’ sebenarnya.

Sebelum pergi ke asrama kedua, kami mampir di sebuah taman besar. Seka Park namanya. Niat awal adalah menyewa sepeda dan berkeliling taman beberapa saat. Tapi malam itu, semua pos sepeda sudah kosong. Sudah keburu dipinjam orang lain. Jadi kami hanya berjalan-jalan sebentar dan langsung pulang.

Malam kedua, aku diajak jalan-jalan ke sebuah taman bermain kecil di pinggir jalan. Park Lunasan namanya. Lucu, bukan?. Sekitar 30 menit menggunakan bus dari asrama. Karena kami keluar dari asrama pukul 8 malam, setibanya disana, kami tidak bisa naik banyak wahana. Setelah sampai, kami langsung menyewa sepeda untuk dibawa berkeliling sekitar taman. 1TL per jam. Sudah lama sekali aku tidak mengendarai sepeda. Dan untungnya aku tidak pernah lupa bagaimana caranya.

Hampir satu jam bermain sepeda, kami memutuskan untuk langsung masuk ke dalam taman bermain. Sudah ramai sekali disana. Karena malam, udara sudah tidak terlalu panas. Malam itu, kami memilih untuk menaiki bianglala. 5TL untuk tiga kali putaran dan itu sudah cukup. Ketika berada di posisi paling atas, pemandangan kota kecil Kocaeli ini dengan kemilau sinar lampu rumah penduduk dari kejauhan benar-benar mempesona. Sejenak, aku merindukan Istanbul.

Pukul sebelas malam, kami memutuskan pulang karena asrama tutup pukul dua belas. Benar-benar mencari masalah kalau pulang lewat dari jam itu. Untungnya kami tiba di asrama tepat waktu dan setibanya di kamar, kami langsung istirahat.

Tidak banyak yang aku lakukan di Kocaeli. Hanya tiga hari dan tidak banyak berkeliling. Tapi itu sudah cukup dibanding aku berdiam diri di asrama, merana oleh panas Istanbul. Bahkan orang Turki pun ikut mengeluh soal panasnya hawa, “vallah çok sıcak yaa,” (sungguh, panas sekali) sambil mengibas-ngibaskan tangan di depan wajah.

Teman dekatku yang mengajakku berkeliling selama di Kocaeli bertanya soal sepuluh deskripsi untuk Kocaeli di Ask.fm. Dan aku langsung menjawab dengan salah satu poinnya adalah ‘damai’ dan ‘ga seramai Istanbul’.

Kalau kamu bertanya ‘memangnya segimana ramenya, sih, Istanbul itu?.’ Datang ke Istanbul, dan cari tahu sendiri 🙂