Mom, It’s My First Day at College!

14 Eylül 2015, Salı
Sinar matahari menerobos masuk ke kamarku melalui sela jendela yang tidak tertutup gorden. Aku masih merasa mengantuk tapi tetap memaksakan diri melirik ke arah tablet dan melihat jam. 9.30 a.m!. Aku sudah telat dari rencanaku kemarin untuk pergi ke kampus pukul 10 pagi. Rasa kantukku hilang. Tapi bukannya langsung sial-siap mandi, aku malah terus mengotak-atik tablet sambil menanyakan beberapa teman yang kampusnya sama.

Sekitar pukul 10.25 aku masih sibuk dengan tablet sampai akhirny memutuskan untuk bersiap-siap pergi ke kampus setelah seorang teman bilang kalau ada sebuah pertemuan untuk mahasiswa baru tiap fakultas. Aku juga menelpon teman yang kemarin datang ke kamar dan sempat memberikan nomor telponnya sebelum pergi. Dia akan kuliah di jurusan yang sama denganku dan dia terdengar berbisik ketika mengangkat telepon,

Shaima, neredesin sen?. Okulda mısın?” (Shaima, kamu dimana?, apa kamu sedang di kampus?)
Evet” (iya)
Şey mi var orada?” (Apakah ada sesuatu disana?)
Evet, konferanstayım. Şeyler anlatıyorlar” (Iya, aku ada di konferensi. Mereka menyampaikan banyak hal)
Aah, ne zaman bitecek?” (Ahh, kapan selesainya)
Bilmiyorum ben” (Aku tidak tahu) *masih berbisik*
Hmm tamam o zaman. Hadi, görüşürüz.” (Hmm baiklah kalau begitu. Sampai jumpa)

Pukul 11 aku berangkat dari asrama dan tiba di kampus pukul 12 lewat. Kampusku berada di Istanbul bagian Eropa sedang aku tinggal di Asia. Butuh satu sampai satu setengah jam perjalanan untuk tiba di kampus.

Ketika sampai, aku sempat bingung karena aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan sedangkan Shaima tidak mengangkat telepon. Beberapa saat kemudian aku bertemu dengan dua teman asing lain dan memutuskan untuk bertanya kepada güvenlik.

“Siz hangi bölüm okuyacaksınız?,” (kalian akan kuliah di jurusan apa?) güvenlik (satpam) itu bertanya kepada dua temanku.
“Radyo, TV ve Sinema,” dan mereka pun diberitahu soal pengarahan yang akan diadakan untuk mahasiswa baru pada pukul 2 siang. Ketika aku bertanya tentang jurusanku, dia bilang kalau acaranya sudah selesai sejak jam 10 pagi tadi.
“Şey, yarın ne yapacağız?. Gelmemiz lazım mı?” (Besok apa yg harus kami lakukan?. Apa kami harud datang?)
“Siz danışmaya gidin. Danışmanızı biliyor musunuz?. Ona sorun. Problem olursa da ona söyleyebilirsiniz” (Coba Anda pergi ke konsultan. Anda tahu siapa konsultan Anda bukan?. Tanyakan kepada beliau. Dan kalau ada masalah, Anda juga bisa sampaikan). Aku mengecek daftar mata kuliah pilihanku dan menemukan tulisan danışman dengan nama seseorang dibawahnya di pojok kanan bawah kertas. Salahnya, aku tiba di kampus ketika waktu istirahat makan siang. Jadi aku harus menunggu sampai pukul 13.30 siang untuk bisa bertemu dengan konsultan ini.

Pukul 13.30 aku langsung masuk ke gedung fakultas lagi dan menyusuri koridor panjang di lantai 1 tapi tidak menemukan nama danışman-ku di semua pintu. Sampai akhirnya, setelah bertanya, aku diberitahu kalau ruangannya di lantai atas. Di koridor lantai atas ada banyak kotak kaca bersusun yang berisikan mesin ketik antik, kamera antik, dan lain-lain. Dindingnya juga dihiasi koran terbitan lama sekali dan foto-foto hitam-putih yang dimasukkan ke dalam pigura.

Aku menemukan ruangannya hampir di ujung koridor. Wufh, melegakan sekali ketika tahu kalau danışman hoca-nya benar-benar ramah. Setelah berbincang beberapa menit, beliau mengajakku ke ruangan sebelah. Ada beberapa mahasiswa di dalamnya yang ternyata adalah anggota semacam klub jurnalis. Jadi ada sebuah website berita yang dikelola oleh mereka dan kebanyakan beritanya berasal dari dalam kampus.

Alamat websitenya ajansuniversite.istanbul.edu.tr kalau kalian ingin berkunjung dan baca-baca. Tapi hampir semua beritanya dalam bahasa Turki dan beberapa saja yang berbahasa Inggris. Aku diajak untuk bergabung. Tapi aku bilang kalau bahasa Turki-ku masih harus diperbaiki lagi. Tapi seorang gadis mengatakan kalau aku masih bisa mengambil foto untuk berita. Aku akan datang tiga hari dalam seminggu seperti anggota lainnya dan, ya, membantu mengelola berita dan menge-post-nya di website. Tapi aku belum kembali lagi 😅.

15 Eylül 2015, Çarşamba
Kemarin, sebelum memperkenalkan aku dengan anggota klub itu, aku sudah diberikan jadwal kuliah. Pukul satu hari ini akan ada pelajaran Medya ve Siyaset (Media dan Politik). Aku datang lebih awal. Pertama karena memang jarak asrama-kampus yang tidak dekat, dan kedua, karena aku tidak ingin terlambat di hari pertamaku.

Pukul satu, aku dan Shaima sudah ada di kelas. Aku duduk di barisan kedua. Kelasnya panjang dengan meja-kursi yang banyak sekali. Papan tulis putih panjang di depan, proyektor, LCD, dan jendela besar yang terbuka. Satu persatu mahasiswa lain masuk dan memenuhi ruang kelas.

Sekitar pukul 13.20, hoca datang. Beliau mengucapkan selamat datang menyampaikan beberapa hal terkait pelajarannya. Beberapa kali beliau melempar lelucon yang membuat suasana kelas tidak begitu tegang. Dan berita baiknya lagi, aku bisa mengerti sekitar 70 persen omongan beliau. Beliau tidak berbicara cepat seperti kebanyakan orang Turki. Tapi aku masih harus mencatat kosakata yang belum aku ketahui bahkan merekamnya agar bisa aku dengarkan lagi nanti.

Sekitar satu jam beliau bicara di depan kelas, dan kemudian kami diizinkan pulang lebih awal. Sebenarnya ada pelajaran lain, Yabancı Dil (Bahasa Asing) yang katanya diharuskan memilih antara bahasa Perancis atau Jerman. Pelajaran disampaikan secara online dan aku belum sepenuhnya paham soal itu. Tapi aku akan segera bertanya kepada teman yang lain.

Jadi hanya begitu hari pertamaku di kampus sebenarnya. Sepulangnya, aku mampir sebentar di perpustakaan dan menulis sebagian isi postingan ini. Aku harap hari-hari selanjutnya akan lebih baik lagi. Semoga .. aamiin ..

Belajar dengan bahasa yang baru seperti bahasa Turki adalah sebuah pengalaman yang berbeda. Aku tidak sabar menunggu hari-hari ketika aku sudah lebih lancar berbicara dalam bahasa Turki dan tidak ragu-ragu untuk bertanya ataupun mengeluarkan pendapat di kelas. Tidak sabar menunggu hari-hari ketika aku aktif di klub, melakukan wawancara dan mengerjakan laporan pertamaku, dan hal-hal menarik lainnya. Semoga aku dapat terus bersemangat walau di hari-hari terberat. Aamiin ..

Selamat hari pertama kuliah untuk semua mahasiswa baru tahun ini 😁. Happy first day at college!.

“There’s a time and a place for everything and it’s called college”

*bitiş tarihi 16 Eylül 2015. Bügün ders yok

Esma, Istanbul

3 thoughts on “Mom, It’s My First Day at College!

    1. Yabancınya yg aku tau cuma lima orang dan semuanya duduk didepan Nae. Temen Turki kita kbnyakan masih cuek hehe. Sekelas udh banyak banget yg dateng, ada sekitar 50an lah kali. Blum aktif bnget Nae, msh kaya pengenalan pelajarannya gitu, tp insyaallah kita bisa kok Nae, kalo kitanya rajin belajar sendiri jadinya di kelas ga bingung hehe. Yaparsın! 😁😁😁

      Like

Leave a Reply

