Mari Bersiap

Günaydın 🙂
Masih pukul 3.37 pagi disini. Tapi mata yang tadi dipaksa melek, sekarang sudah susah diajak terpejam lagi. Dan juga, merasa semangat sekali mengetahui pendaftaran beasiswa Türkiye Bursları (YTB) besar kemungkinan akan dibuka dalam waktu dekat, sehingga memutuskan untuk berbagi beberapa hal disini.

Tahun 2014, seingatku pendaftaran dibuka antara pertengahan bulan Aprıl dan Mei, tahun 2015 dibuka antara bulan Februari-April, dan untuk tahun ini kita semua masih menunggu kapan resmi dibukanya pendaftaran ini. Jadi, untuk kalian yang sedang menunggu, sudah tahukah hal apa saja yang harus dipersiapkan? sudah seberapa siapkah kalian?. Sudah banyak blog dari para senior yang mengulas soal persiapan pendafaran beasiswa YTB ini, tapi aku juga ingin ikut berbagi hal yang aku tahu disini.

Sebelumnya, mari kita bahas secara singkat mengenai Apa itu YTB?

YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) atau juga dikenal sebagai  Türkiye Bursları (turkiye burslare) adalah sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Turki dan ditujukan kepada pelajar-pelajar asing untuk tingkat sarjana, master, doktoral, dan juga program research. Program beasiswa ini membuka pendaftaran setiap awal tahun, dan memberi kesempatan kepada seluruh pelajar asing untuk menjadi salah satu dari 12.000 penerima beasiswa untuk melanjukan studinya di 105 universitas di 55 kota di Turki.

Beasiswa ini meliputi kursus bahasa Turki selama satu tahun, biaya kuliah, makan dan asrama, monthly allowance (600 TL untuk undergraduate,  850 TL untuk master dan 1200 untuk doctoral students), asuransi kesehatan, dan tiket pergi serta pulang (setelah lulus).

Ada beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mengisi form aplikasi YTB sesuai dengan jenjang pendidikannya. Tapi karena berhubung aku adalah penerima beasiswa untuk undergraduate level, yang akan aku tuliskan akan terfokus kepada persyaratan pendaftaran khusus undergraduate level. Jadi, apa saja yang diperlukan?

  1. ID Card
    ID Card atau kartu identitas ini bisa berupa kartu pelajar, kartu tanda penduduk (KTP), atau paspor. Hanya perlu untuk memilih salah satu diantaranya. Kartu identitas yang kita punya harus di-scan dan kemudian disimpan dalam format file “.pdf” untuk bisa diunggah ke form aplikasi.
  2. Transkip nilai 
    Untuk pelajar yang baru akan lulus pada tahun itu, diharuskan untuk mempersiapkan transkip nilai 5 semester dengan rata-rata minimal 70. Cara membuatnya?, jika sekolah tidak menyiapkan transkip nilai ini, kamu tinggal membuat tabel yang kemudian diisi dengan nama pelajaran serta nilai dari semester 1-5 dan juga rata-rata untuk tiap semester dan keseluruhan. Jangan lupa untuk menyertakan nama, student number, dan jurusan kamu di sekolah di atas tabel, dan logo serta nama sekolah di kepala surat seperti surat resmi biasanya. Berkas transkip kemudian ditanda tangani oleh kepala sekolah dan diberi cap. Lebih baik jika berkas tertulis dalam bahasa Inggris.Dan untuk applicant  yang sudah lulus setahun sebelumnya dan sudah mendapakan ijazah, boleh memasukkan transkip 5 semester saja atau 6 semester (berdasarkan pengalaman teman). Berkas ini juga harus dalam format file PDF.

     

  3. Certificate of Student Status/Ijazah
    Certificate of student status hanya digunakan oleh applicant yang baru akan lulus. Di dalam surat itu menerangkan bahwa kamu adalah siswa dari sekolah tersebut yang akan lulus pada tahun itu. Berkas ini juga ditanda tangani dan diberi cap sekolah. Sedang applicant yang sudah lulus pada tahun sebelumnya maka akan menggunakan ijazah yang tidak harus diterjemahkan.
  4. Essay
    Essay akan ditulis langsung di form aplikasi (tergantung pada kebijakan yang dipakai nantinya). Biasanya kamu akan diminta unuk menuliskan tentang hobi dan minat kamu, alasan memilih Turki, alasan memilih jurusan dan keterkaitannya dengan pendidikan sebelumnya, serta rencana kamu setelah lulus dari Turki nanti. Semua dalam bahasa Inggris (atau Arab). Esai dibatasi maksimal 1000 karakter per pertanyaan. Saranku, tulis saja apa adanya dengan tanpa banyak basa-basi. Paragraf pendek yang padat dan jelas isinya akan lebih baik dibanding kamu ‘habiskan’ 1000 karakter untuk menceritakan hal yang kebanyakan tidak jelas atau bahkan tidak penting.
  5. Recommendation Letter
    Surat rekomendasi yang bisa diminta dari siapa saja (berkaitan dengan sekolah terutama).

Itulah hal-hal penting yang nantinya sudah harus siap ketika kamu akan mendaftar. Ada juga hal-hal lain yang sifatnya optional atau tidak diwajibkan seperti sertifikat prestasi akademik, hasil tes TOEFL dan sejenis, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu baca sendiri di website resmi YTB sendiri.

Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online di website resmi YTB. Untuk langsung tahu ketika pendaftarannya dibuka, kamu bisa follow akun Twitter atau like halaman Facebook-nya. Selagi menunggu, perbanyak berdoa, dan minta restu orang tua. Online application dibuka dalam jangka waktu satu bulan. Jadi jangan terlalu panik. Kamu masih punya waktu.

Dan juga, luruskan lagi niatmu. Untuk apa kamu kesini? apa tujuan yang pertama kali terlintas di kepalamu tiap kali orang bertanya? karena segala sesuatu berdasarkan dengan niat, bukan?. Kalau dari awal niatnya sudah salah dan tidak serius, baru satu bulan saja mungkin sudah berat sekali. Beasiswa yang ditawarkan ‘menggiurkan’ sekali memang, tapi untuk mengusahakannya, keinginan kuat saja tidak cukup, butuh usaha dan pengorbanan.

Jangan takut untuk melangkah dan mencoba dengan alasan nilai rata-rataku ngga mencukupi, kemampuan bahasa Inggrisku jelek banget, aku ga yakin aku bisa, dan blabla alasan lain yang ada-ada aja. Hal paling besar dan kuat yang menutupi jalan manusia adalah ketakutan dalam dirinya, padahal terkadang dia sendiri tidak sadar benar untuk apa dia takut. Kesempatan hanya akan datang satu kali. Jadi manfaatkan itu selagi, dan semaksimal yang kamu bisa. We can make if we try. Dan ketika kamu sudah berani melangkah, jangan ragu untuk meneruskan. Teruskan sampai benar-benar tidak ada lagi yang bisa kamu lakukan. Usahakan!.

Selamat bersiap-siap, Pejuang!. Semoga ada kesempatan bagi kita untuk bertemu langsung disini, ya. Semoga dipermudahkan dan diberkahi semua usahamu. Türkiye’de görüşürüz, inşaallah 😉

———–
Website resmi YTB: http://www.turkiyeburslari.gov.tr

Advertisements

4 thoughts on “Mari Bersiap

  1. Assalamualaikum kak. Kak, aku mau nanya bagian Recommendation Letter. Itu dimintanya ke sekolah kan? Tapi suratnya dalam bahasa Inggris bukan? Kalo misalnya sekolah ngga memfasilitasi dlm bahasa Inggris gimana ya kak? Oiya ini juga di-scan kan kalo udah jadi? Terima kasih 🙂

    Like

    1. Wa’alaikumsalam. Mintanya boleh ke kepala sekolah dan harus dalam bahasa inggris ya. Kalau pake bahasa indo gimana mereka bisa paham kan? 🙂 kalau sekolah ga memfasilitasi dalam bentuk bahasa inggris, kamu bkin sendiri aja atau translate surek yang bhs indonya.

      Iya setelah itu discan atau difoto pakai aplikasi scanner

      Like

  2. Assalamualaikum kak, mau tanya kalo yg persyaratan 70% selain kedokteran dan 90% utk kedokteran itu penilainnya diambil dari keseluruhan transkrip nilai rapot ya kak? Trimakasi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s