Türkiye Bursları, Application and FAQ (Updated: 20/03/16)

Günaydın. Herkese selamlar 🙂

By the way, pendaftaran Turkiye Burslari (YTB) sudah dibuka sejak beberapa hari lalu (29 Februari 2016). Mungkin beberapa dari kalian sudah mulai mendaftar, ya? Atau masih ada yang masih berjuang melengkapi berkas?. Untuk yang sedang berusaha apply, semoga terus diberi kelancaran, ya sampai application-nya berhasil di-submit. Dan untuk yang masih kesana-sini mengurus kelengkapan berkas, jangan khawatir, masih ada banyak waktu.

Well, sudah sejak lama YTB melakukan perbaikan terus-menerus di website. Terbukti dengan pendaftaran yang benar-benar berbeda pada tahun ini jika dibedakan dengan tahun 2014, ketika aku mendaftar.

Pada tahun ini, di website tidak terdapat pilihan “APPLY” atau “Başvuru Yap”, tapi application dilakukan dengan meng-klik “Student Sign-In” pada deretan pilihan di bagian bawah. Jika kalian merasa bingung karena website berbahasa Turki, bahasa bisa dirubah ke bahasa Inggris dengan meng-klik bendera United Kingdom di pojok kanan atas.

başvuru
Setelah meng-klik “Student Sign-In“,
nm
Klik Register jika kalian belum pernah membuat akun ini sebelumnya. And what you’ll see is..
dJika kalian tidak bisa melihat dengan jelas tulisan-tulisan pada gambar diatas, disana ada Name, Middle Name, Surname, Gender, Nationality/Citizenship, Email, Password, dan Verification Code. Semua kolom wajib diisi kecuali bagian Middle Name. Jika nama kalian hanya memiliki satu kata, misal: Hartina (that’s my high school friend’s name anyway), kalian harus mengisi kolom Surname masih dengan nama kalian (Hartina Hartina) atau tulis nama ayah kalian (Hartina Imran).

Banyak sekali yang menanyakan soal permasalahan kepenulisan Name dan Surname ini. Tahun 2014, aku diberitahu untuk menulis ke-tiga kolom nama. Karena namaku hanya dua kata (Asma Hanifah), aku juga bingung bagaimana mengisi kolom surname dan seorang guru bilang, isi saja dengan nama ayah, dan namaku disini sekarang adalah Asma Hanifah Ahmad.

Nama di ijazah SMA kamu kan Asma Hanifah, apa ngga akan jadi masalah?
Pasti, kemungkinan akan terjadi masalah karena perbedaan nama ini pasti ada. Tapi untungnya, sampai sekarang, tidak ada masalah yang aku hadapi karena nama belakang. Dan semoga saja tidak sampai kelulusan nanti (Aaaamiiiin..)

Well, I talked much about name. So, let’s continue.
Untuk email, kamu boleh menggunakan email apa saja (Yahoo, Rocketmail, dsb), tapi dianjurkan untuk menggunakan Gmail dengan alasan yang aku tidak mengerti (sorry for that). Sama seperti dianjurkan untuk menggunakan Google Chrome untuk apply dengan alasan bahwa doi adalah browser terbaik dunia untuk saat ini.

Setelah selesai mengisi form di atas, kalian akan diminta untuk mengaktifkan akun lewat email yang langsung terkirim ke email kalian. Jadi pastikan kalau email yang kalian gunakan adalah email aktif (masih kalian gunakan atau tidak lupa password-nya)

th

Jadi, namaku disini adalah Alyana Hanifah. Walaupun form yang kalian gunakan adalah form Bahasa Inggris, email yang terkirim akan berbahasa Turki seperti di atas. Disana tertulis ucapan terima kasih karena telah memilih Türkiye Bursları, disarankan untuk membaca panduan mendaftar (Başvuru Kılavuz, ada di halaman depan website), dan untuk menyelesaikan proses pendaftaran, kalian harus meng-klik tıklayınız (EN: click here).

Selah itu, kalian akan log in ke dalam sistem  dengan email dan password yang tadi kalian tulis. Dan nantinya, akan tampak seperti halaman di bawah:

hdKalian harus mengisi semua yang ada di atas untuk bisa Submit. Tentu saja.

Seringkali terjadi kesulitan ketika mengunggah gambar. Jangan khawatir dan buru-buru, hal itu biasa terjadi karena beasiswa ini ditawarkan ke lebih dari 100 negara. Jadi ada ribuan orang yang mendaftar dan karena itu sistem kadang bermasalah. Tapi apapun itu, kalian jangan menyerah. Kalian bisa melengkapi bagian yang lain dan melanjutkannya lagi nanti.

Saatnya FAQ..
Sebagai penerima beasiswa YTB, secara tidak langsung kami adalah duta merka untuk menjawab banyak sekali pertanyaan teknis dan non-teknis mengenai beasiswa ini. Dan di antaranya adalah sebagai berikut. Semoga bisa menjawab pertanyaan kalian juga, ya

  1. Asma dari mana bisa tahu soal beasiswa Turki? Browsing sendiri apa udah punya channel disana apa gimana?
    Aku tahu soal beasiswa ini dari seorang guru yang waktu itu mengumpulkan seluruh siswa kelas 12 dan kemudian memberitahukan soal beasiswa ini (baca: You’ll Find The Way). Channel yang aku punya adalah kakak-kakak senior yang terus membantu menjawab pertanyaan hingga akhirnya kami tiba di Turki dan masih terus membantu hingga sekarang.
  2. Kamu pilih jurusan apa disana? Dan kenapa milih jurusan itu?
    Alhamdulillah aku disini kuliah S1 jurusan Jurnalistik di Istanbul University. Kuliahnya full Turkish. Susah? I’d frankly say YES. Tapi disitulah letak berjuangnya. Kalau banyak baca, menulis, banyak praktek bahasa, dan bertanya, semakin lama akan semakin baik.
    Kenapa Jurnalistik? Karena waktu itu aku sudah memilih Islamic Theology karena aku sekolah di pesantren waktu itu. Tapi entah apa masalahnya waktu itu tidak bisa submit dan Abi yang memang dari awal tidak setuju aku memilih Islamic Theoloy dengan alasan “Udah ke Turki, sekalian aja yang sosial..” akhirnya menyarankan Journalism dan voila.
  3. Ada tes apa aja?
    Untuk beasiswa ini kamu hanya harus mengisi form pendaftaran yang di dalamnya kalian mengunggah transkip nilai, sertifikat prestasi akademik, menulis esai, dan sebagainya. Kurang lebih satu bulan kemudian, kamu akan mendapat email pemberitahuan apakah berkas kamu diterima atau tidak. Jika diterima, akan langsung mendapat undangan wawancara di Kedubes Turki di Jakarta. Setelah itu barulah keputusan akhir apakah kamu diterima atau tidak.
  4. Apa aja yang ditanya pas wawancara?
    Biasanya akan ada tiga orang interviewer. Mereka akan bertanya soal diri kita, hobi, minat dan sebagainya. Lalu alasan memilih Turki, apakah apply ke tempat lain selain ke Turki, rencana kedepannya, dan lain-lain yang semuanya tidak jauh berbeda dengan esai yang ada di application.
  5. Apa harus pinter bahasa Inggris?
    Menurutku, untuk esai soal gramatikal bukanlah hal utama yang mereka lihat. Intinya adalah mereka bisa langsung memahami apa yang kamu maksud dari esai kamu. Dan untuk wawancara juga begitu, persoalan gramatikal bukanlah yang utama. Yang terpenting adalah kalian mengerti apa yang mereka tanyakan, mampu menjawab dengan baik, dan mereka pun bisa puas dengan jawaban itu.
  6. ID card seperti apa yang boleh digunakan untuk apply? Apakah wajib memiliki paspor?
    ID card yang dianjurkan untuk digunakan adalah KTP atau paspor. Tapi kalau belum memiliki keduanya, boleh menggunakan Kartu Pelajar atau bahkan Kartu Keluarga (seperti yang aku lakukan waktu itu).
    Karena baru apply, belum perlu buat paspor kalau memang belum ada.
  7. Bagaimana kalau hanya memiliki dua atau satu nama?
    Di form aplikasi, bagian First Name dan Last Name/Surname adalah wajib sedang  Middle Name tidak harus diisi, dan sepertinya yang pernah aku tulis sebelumnya, kalau kamu hanya memiliki nama dengan satu kata, kamu bisa menulis ulang nama kamu di bagian Surname, atau menuliskan nama ayah kamu. Tapi untuk jaga-jaga, tulis ulang saja nama kamu.Kalau nama kamu memiliki dua kata, tulis nama terakhir di bagian Surname.
  8. Essay yang harus ditulis soal apa aja?
    Biasanya, pertanyannya menyangkut hal-hal berikut:
    – Kenapa kamu memilih untuk melanjutkan studi di Turki?
    – Alasan kamu memilih jurusan, apa hal penting dari jurusan itu dan hubungannya dengan sekolah atau pekerjaan kamu sekarang. Dan apa kontribusimu disana nanti.
    – Rencanamu setelah lulus
  9. Wajib punya TOEFL ya?
    Untuk hasil TOEFL dan sejenis, itu adalah optional. Boleh dilampirkan, boleh juga tidak. Tapi jika jurusan yang kalian ingin jurusan yang berbahasa Inggris, lebih baik dilampirkan.
  10. Apa berkas seperti SAT dsb. wajib diupload di bagian Academic Qualification?
    Setelah kamu klik  Academic Qualification, langsung terlihat keterangan yang menjelaskan bahwa applicant yang memiliki berkas tersebut dapat menguploadnya disitu karena ada beberapa universitas yang menjadikan berkas-berkas itu sebagai persyaratan. Untuk tahu apakah universitas pilihan kamu mempersyaratkan itu atau tidak, langsung saja check ke website universitas masing-masing.
  11. Untuk rata-rata nilai minimal berapa ya?
    70% dari 100 untuk rata-rata semester dan transkip keseluruhan. Dan 90% untuk jurusan kedokteran dan sejenis. Tapi jangan langsung mundur karena rata-rata nilai, ya. Dicoba saja. Kita semua tidak ada yang tahu soal rejeki dan takdir, bukan?
  12. Bagaimana cara membuat transkrip nilai? Apakah harus mengunakan Bahasa Inggris?
    Satu: Jika kamu sudah lulus satu tahun sebelumnya, kamu boleh membuat transkrip 6 semester. Atau, tetap membuat transkrip 5 semester dan meng-upload ijazah kamu di bagian Diploma (yang berarti kamu tidak usah mengunakan Certificate of Sudent Status lagi)Dua: Jika kamu belum lulus, yang dibuat tetaplah transkrip 5 semester yang disahkan oleh sekolah.
    Tiga: Jika ada perbedaan mata pelajaran dari satu semester ke semester lain, tetap buat transkrip dalam satu tabel dan urutkan tiap pelajaran. Kalau pelajaran itu tidak ada pada semester tertentu, cukup dikosongkan saja.
    Empat: Transkrip nilai adalah rangkuman dari rapor kamu. Jadi tidak perlu mengunakan rapor lagi. Dan transkrip nilai dibuat dalam bahasa Inggris. Jika sekolah tidak memfasilitasi, berarti jadi tugas kamu untuk men-translate.
  13. Rata-rata nilai mana yang harus ditulis dalam transkrip nilai?
    Rata-rata tiap pelajaran, rata-rata tiap semester, dan rata-rata keseluruhan. Coba saja kamu cek di contoh-contoh transkrip nilai yang Google punya.
  14. Aku baru UN bulan April, sedangkan di application diminta ijazah. Itu gimana?
    Bisa menggunakan certificate of student status yaitu yang menerangkan bahwa kamu akan lulus pada bulan tersebut di tahun 2016. Ditanda tangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap sekolah.
  15. Kalau belum mendapatkan ijazah, apa yang bisa menggantikan?
    Aku sudah menuliskan di postingan “Mari Bersiap” bahwa bagi mereka yang belum memiliki ijazah karena memang belum melaksanakan Ujian Nasional pada waktu pendaftaran, boleh menggunakan Certificate of Student Status (please ask Google for what is it or how to make it 😉 ) 
  16. Gimana cara bikin Cerficate of Student Status?
    We all know about this almost-knows-everything Uncle, right?. Yep! Uncle Google! 
  17. Apakah transkip nilai dan ijazah harus diterjemah oleh penerjemah tersumpah?
    Ketika mendaftar, tidak perlu diterjemah oleh penerjemah tersumpah. Kalau sekolah tidak memfasilitasi untuk membuat trankip bahasa Inggris, kamu cukup membuat sendiri dan minta disahkan kepada sekolah. (baca: Mari Bersiap)
    Barulah ketika nanti mengurus visa, kamu perlu berkas yang diterjemahkan oleh sworn translator.
  18. Kalau tidak punya sertifikat dalam bahasa Inggris, apa harus diterjemahkan?
    Tidak perlu. Tidak usah repot-repot. Memang yang dianjurkan adalah sertifikat yang berbahasa Inggris, tapi kalau tidak ada, pakai saja yang ada. Tidak usah dipaksakan 🙂
    Kalau kamu menanyakan apa yang aku upload waktu itu, aku mengupload sertifikat debat bahasa Inggris, Speech Competition, dan sertifikat penghargaan dalam sebuah Try Out. 
  19. Di bagian mana diploma dan transkrip nilai di-upload?
    Di bagian Education Information. Langsung kelihatan, kok, setelah di-klik.
  20. Apa rekomendasi harus diminta dari sekolah?
    Biasanya memang diminta dari kepala sekolah (untuk pendaftar S1). Kalau kepala sekolah tidak menyanggupi untuk membuat dalam bahasa Inggris, kamu buat saja sendiri dan langsung minta tanda tangan beliau disertai cap.
  21. Apakah surat rekomendasi pakai kop surat juga?
    Sepertinya tidak perlu. Cukup ditulis biasa dengan diberi judul “Recommendation Letter“. Karena yang mengeluarkan, kan, personal dan bukannya lembaga, ya. 
  22. Apa maksud Religious Belonging dan Ethnicity?
    Ya, ada yang bertanya tentang ini. Jadi, Religious Belonging tentunya adalah Agama kamu sekarang. Dan Ethnicity–menurut kamus–adalah etnisitas (sesuatu soal kelompok sosial). Ya, lagipula sudah ada banyak pilihan disana yang bisa kamu lihat dan membantu kamu dalam mengisi kolom tersebut.
  23. Apa kalau mata minus masuk ke Vision Disability?
    Menuruku, kalau minusnya sudah 8 ke atas, atau terdapat masalah di salah satu mata seperti katarak atau lain-lain, silahkan beri keterangan tersebut. Tapi kalau minusnya masih ‘cetek’, ya jangan lebay lah ya 😛
  24. Apa maksud Grade Type dan Grade?
    Dari yang aku ketahui adalah bahwa Grade Type adalah jenis penilaian yang sekolah kamu pakai. Misalnya 100, 10 dan lain sebagainya. Dan bagian Grade diisi dengan rata-rata nilai keseluruhan kamu.
    Kalau kamu menemukan informasi lain yang lebih akurat soal ini, tolong beri tahu dikolom komentar, ya.
  25. Apa maksud High School Type?
    High School Type adalah jenis sekolah kamu, misalnya SMK (Technical High School), atau Pondok Pesantren (Islamic Boarding School), atau Seolah Swasta (Private High School) dan lain sebagainya.
  26. Tips memilih jurusan dong
    Jangan memilih jurusan berdasarkan peluang yang ada. Beberapa pernah ada yang bertanya “jurusan apa yang paling mudah untuk diterima”. Jujur saja aku tidak menyukai pertanyaan sejenis itu. Seolah ingin kuliah dengan jurusan apapun, asalkan itu di Turki (what?). Lebih baik pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
    Ada yang bilang bahwa lebih mudah untuk diterima di universitas di kota-kota kecil seperti Sakarya, Kocaeli, Yalova, dsb. Tapi kamu akan memilih 12 pilihan. Pilih saja beberapa di antaranya di kota besar. Kemungkinannya tetap 50:50.
  27. Apa bisa banting setir pas milih jurusan? Misalnya dari IPA ke keagamaan
    Selalu ada kemungkinan untuk itu. Misalnya, aku sekolah di pesantren. Tapi ketika disini, aku diterima di jurusan sosial. Atau ada lagi temanku yang belajar di jurusan IPA ketika SMA dan menerima jurusan Political Sciences disini. Padahal dia hanya memilih satu pilihan untuk itu dan 11 lainnya adalah jurusan teknik.
    Yang diperlukan adalah kamu meyakinkan mereka bahwa kamu pantas dan cocok dengan jurusan itu.
  28. Apa ada jurusan keagamaan? Pakai bahasa apa?
    Ada. Islamic Theology atau Ilahiyyat. Di Turki belum ada penjurusan yang lebih spesifik untuk Tafsir Qur’an, Hadits dan sebagainya. Jurusan ini yang terbaik ada di Marmara University. Bahasa yang digunakan ada bahasa Turki, bahasa Inggris dan bahasa Arab, tergantung mata kuliahnya.
  29. Berapa uang yang diperlukan untuk berangkat ketika sudah diterima nanti?
    Waktu itu aku cuma membawa sekitar 3-4 juta rupiah. Cukup untuk satu bulan pertama ketika beasiswa memang belum diberikan. Keperluan awal yang penting adalah membeli nomor telepon, registrasi handphone, beli istanbulkart atau sejenis (kartu untuk hampir seluruh transportasi umum di Istanbul), mengurus ressident permit.
    İnşaallah aku akan menulis soal apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan berangkat (terutama ke Istanbul).
  30. Apa visa harus diurus mulai sekarang?
    Tentu tidak. Pembuatan visa waktunya nanti ketika sudah positif lolos dengan menerima Kabul Mektubu atau Letter of Acceptance. Untuk sekarang, selesaikan saja dulu pengisian form aplikasi dan tunggu hasilnya.
  31. Apa aja yang ditanggung beasiswa?
    Sudah aku tulis di postingan sebelumnya (Mari Bersiap)
  32. Apa monthly allowance yang dikasih cukup?
    Cukup. Walaupun misalnya biaya hidup di kota besar seperti Istanbul mahal, masih ada sisa untuk ditabung. Apalagi kalau kamu bukan shopaholic atau bookworm yang maunya beli dan beli lagi. Untuk kebutuhan standar tiap bulan adalah uang transport, makan siang, dan pulsa.
  33. Apakah bagian Work Experience dan Academic Qualification  wajib diisi?
    Sederhananya, kalau kamu bisa submit, berari tidak harus. Tapi bisa jadi nilai tambah untuk form kamu. Dan kalau tidak bisa lanjut atau submit ketika dikosongkan, berarti wajib isi. As simple as that :).
    Tapi sebelum mulai mengisi kan ada petunjuk yang mengatakan kalau red exclamation mark berarti wajib, sedang yellow berarti optional.
  34. Apa berkasnya masih bisa diperbaiki kalau sudah submit?
    Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Kalau sudah submit, berkas yang sudah dikirim itu tidak bisa diperbaiki lagi.Baiklah, untuk sekarang mungkin cuma ini yang bisa aku tulis. Ada banyak sekali blog senior yang menjelaskan dengan detail soal beasiswa ini. Yang diperlukan adalah keaktifan kita untuk MEMBACA sebelum BERTANYA. Jangan menjadi orang yang berpola pikir “kenapa membaca kalau bisa bertanya langsung?”. Jadilah pejuang beasiswa yang mandiri!

Kalau ada pertanyaan lain yang tidak ada jawabannya di atas atau di blog/website lain, just simply write it on the comment below 🙂

Thank you.
Teşekkürler.
——
Visit:
http://www.turkiyeburslari.gov.tr (for application and information about studying in Turkey)
http://www.studyinturkey.gov.tr (for finding majors and universities that probably suit you)
http://www.inaturk.com (for informations about Turkey scholarships in Bahasa)

Read and know other Türkiye Bursları awardees’ stories:
putrianatasia.blogspot.com (Putri Anatasia-Gebze Tachnical University, Kocaeli)
hidaazahra.blogspot.com.tr (Khusnul Hidayah-Ege University, İzmir)
naeliltheclimber.wordpress.com (Naelil MaghfirohEge University, İzmir)
caughtinauranium238fission.blogspot.com

 

Advertisements

49 thoughts on “Türkiye Bursları, Application and FAQ (Updated: 20/03/16)

  1. assalamualaikum kak, terimakasih informasinya… tapi saya kurang mengerti tentang certificate of student status itu ..itu bisa langsung kita minta ke skolahan kan? ohya kak aku sekarang kan pake Kurikulum 2013 jadi rapot aku bukan hanya sekedar nilai tapi ada deskripsinya untuk setiap mapel dan itu sangat-sangat panjang.. apakah itu juga ikut dilampirkan dan di translate kan? jadi total lembaran rapot aku ada sekitar 10-11 lembar.
    pertanyaan terakhir kak, biasanya kalau pakai penerjemah tersumpah waktunya brp lama berkas kita diterjemahkan?

    Like

    1. Wa’alaikumsalam..
      1. Iya, Certificate of Student Status diminta dari sekolah. Tp kalau sekolah ngga memfasilitasi itu, kamu minta nilainya dari mereka dan kamu bkin sendiri. Trus tinggal mnta ttd sama cap, deh.
      2. Yang penting nilai sama rata-ratanya aja 🙂
      3. Mungkin semingu udah selesai. Tp kalau untuk apply sekarang ini, kamu ga harus pake jasa mereka dulu. Pake berkas yang udah disahkan sma sekolah jg cukup kok.
      Tetap semangat yaa

      Like

  2. nama saya M. Irfan Andhika Nugraha
    jadi saya tulis di kolom
    Name: M. Irfan
    Middle Name: Andhika
    Surname: Nugraha

    apakah itu benar? atau surname hrs saya isi dgn nama ayah saya?

    Like

    1. “M” itu kepanjangan dari Muhammad atau memang singkat begitu?. Atau emang di ijazah dan lain-lain kamu ditulisanya begitu?
      Menurut aku kayanya bener yang kamu tulis itu. Surname itu kan nama belakangi, ya. Karena kebanyakan orang Indonesia ga pakai itu, yang ditulis adalah kata ketiga dari nama (kalau namanya tiga kata).

      Like

  3. Assalamu’alaikum, mbak Asma, saya nggk ngerti tentang form “educational information” itu gimana ya? mhon bantuannya

    Like

    1. Wa’alaikumsalam..
      1. Kamu pilih jenjang pendidikan kamu sekarang. High school, kah? Bachelor, kah?
      2. Misalnya High School:
      – Kalau sekolah kamu ga ada di list, klik di “not in the list?”
      – Educational stage pilih aja Secondary education (karena pilihannya cuma itu)
      – High School Type kamu isi misalnya Boarding School, atau Technical Hih School (SMK) dll
      – Major Field of Your Education: Science/Social/Religion
      – Status: kamu udah lulus atau masih masuk sekolah?
      – Grade Type: jenis grade atau nilai yang dipakai oleh sekolah. Misal: rata-rata kamu 80,99. Berarti grade type kamu 100
      Jelas, ya?. Terus semangaatt!

      Like

  4. assalamu’alaikum mbak, mau nanya, rata rata nilai yang harus diisikan itu rata-rata nilai raport semester akhir atau bagaimana mbak? saya kurang mengerti. dan upload transkrip nilai itu scan raportnya atau bagaimana mbak? dan kalau scan raport, berarti harus saya edit college, dong, mbak? kan dia satu lembar satu lembar. :/ maaf terlalu banyak bertanya mbak u.u makasih sebelumnya, mbak. 🙂

    Like

  5. Kk sya skrang msih mhsisswi di slah stu universitas,apakh surt rekomendasi dr dosen it apakh bgtu perlu?tp sya apply untk s1,sya masih binggung bikin transkrip nilai rapot soalnya saya dr pondok,dan plajarn sya yg smestr 1-2 dgn 3-6 it ada yg gk di ambil lg mapel nya,it gmna kk buat nya,apa mapel yg di smestr 1-2 yg gk di ambil lg di smestr 3-6 it bsa di kosingin?

    Like

    1. Halo 🙂
      1. Surat rekomendasinya boleh dr dosen atau kepala sekolah.
      2. Semua pelajaran semester 1-6nya tetep dibikin dalam satu tabel. Misalnya pelajaran itu ga kamu diambil di semester tertentu, tinggal dikosongin aja di kolom semester itu.

      Paham ya?;)
      Emailku: ashanifahmad@gmail.com

      Like

  6. ka mau nanya soal transkrp itu nilai dari smster 1-5 rata2nya tiap pelajaran kah?
    dan itu harus di terjemahkan memakai bahsa inggris? jadi dibuat lagi sama kita ?
    maksudnya translate tersumpah kaya gimna? hehe mohon bantuannya

    Like

    1. Untuk transkrip nilai: semester 1-5, rata-rata tiap pelajaran di tiap semester, rata-rata tiap semester, dan rata-rata keseluruhan.

      Pakai bhsa inggris. Kalau sekolah ga memfasilitasi, kamu bkin sendiri dan kemudian minta disahkan ke sekolah.

      Untuk berkas apply ga perlu pakai jasa sworn translator. Terjemah sendiri udah cukup 🙂

      Like

  7. pas awal ngisi personal information itu kan kita diminta untuk mengisi identification card dan harus di upload. kebetulan saya belum punya passport dan mengisinya dengan KTP.
    type of ID itu diisinya dengan “Nomor Induk Kependudukan (NIK)” atau KTP aja kak atau gimana? dan KTP yg kita upload itu harus diterjemahkan juga atau tidak? kalaupun memang harus, apa boleh menerjemahkan sendiri?

    Like

      1. kalau boleh tau, certificate of student status itu submitnya di bagian mana ya kak? soalnya aku udah sampai application dan sejauh ini belum nemuin tempat buat submit nya kak. dan kebetulan karena aku juga kurang tau tentang certificate of student status, jadi aku belum bikin. sejauh ini aku baru upload id card, transcript, recommendation letter, dan sertifikat2 di bagian social activities. aku takutnya ada yang kelewat kak.

        Like

      2. oh maaf kak udah ketemu hehe.
        di education information itu pas nambahin high school aku ngisinya “continues” di bagian status. soalnya kupikir kan memang aku belum lulus gitu kak.
        jadi itu kita ngisinya tetap graduate ya kak?

        oh iya, makasih untuk jawabannya kak 🙂

        Like

      3. masalahnya kak, kalau aku pilih continue, tempat untuk upload diplomanya lngsung gak ada kak. atau memang seperti itu? kalau kita gak upload diploma apa bakal mempengaruhi seleksi berkas nantinya?

        Like

  8. mba saya lagi daftar ,, dan saya merasa minder dengan nilai raport n ijazah saya,, ketika saya melihat ijazah n rapot kawan saya yg nilai rata ratanya grit nya tinggi bnget saya merasa sedih ,,, apa lagi saya di kmpung dan saya susah untuk menemui kpala sekolah saya yg di kota karna saya baru lulus dari sekolah di kota n orang tua saya cuma lulusan sd,,dan ayah saya sudah membantu sekuat tenaga dia dgan menemui guru saya untk di buat kan surat rekomendasi tetapi di tolak hingga ahirnya ayah saya pergi ke dinas pndidikan dengan kerumitan yang ada ayah dan ibu saya berusaha mendapat rekomendasi itu nah sekarang nilai raport saya past pasan,, dan saya takut sekali mengecewakan orang tua saya yg sudah keluar uang bnyak, dan waktu,,,

    adakah saran yg kaka kasih ke saya,,
    dgn jujur,,,,
    jika tidak mungkin nya kecil, ato besar.,

    Like

    1. Halo, Lucky?
      Ketakutan, keraguan akan diri sendiri adalah salah satu hal besar yang mampu membunuh kamu dengan perlahan. Banyak kok di luar sana yang waktu sekolah bukan termasuk orang-orang yang terus ikut kompetensi atau juara di kelas, tapi tetap berani maju dan mencoba.

      Kalau kamu pernah lihat video TedXnya Richard St. John, beliau bilang kalau waktu sekolah beliau bukan murid dengan byk prestasi, tapi dia berani mencoba banyak hal baru walau kebanyakan berujung kegagalan. Tapi sekarang, beliau udah bisa memberi motivasi ke bnyak orang, mewawancarai ratusan tokoh terkenal dunia, dan prestasi-prestasi lainnya. Ngga peduli berapa kali pun kamu gagal, kalau kamu tetap bangkit dan bertahan, Tuhan akan kasih hadiah yang indah buat kamu nantinya.

      Soal nilai raport dan ijazah, itu sudah hasil kamu selama 3 tahun sebelumnya. Mau gimana lagi? Apa mau hanya krna itu kamu jadi ngga ada kemajuan?

      Selalu ada celah kalau kita berdoa dan berusaha. Untuk trankrip, kamu buat aja sendiri dengan mengisi nilai-nilai kamu di raport, surat rekmendasi juga buat aja sendiri. Dan setelah semuanya selesai, kamu tinggal ke kota dan langsung minta disahkan semua berkas kamu. Mereka menolak krna ngga mau repot. Itu aja kadang. Jangan karena masalah-masalah kecil kya ini kamu jadi malas melanjutkan. Ini baru di awal, Lucky. Di perjalanan ke depannya nanti kamu harus jadi lebih kuat.

      Percaya sama diri kamu. Batas akhir kamu tahu kali ini kamu belum berhasil adalah kamu ngga dipanggil interview. Jadi sekarang bangkit, dan usahakan semuanya untuk bisa me-submit berkas-berkas kamu.

      Semoga sukses!

      Like

  9. Kak mohon bantuannya, saya mau bertanya
    kalau upload sertifikat apa dibatasin tahunnya ?
    Apa boleh kita upload semua sertifikat mulai dari tingkat SD, karena di applicant nya ga dibatasi?
    mohon di jawab ya kak terima kasih 🙂

    Like

  10. assalamualaikum kak, mau tanya, ini saya masih kelas 11 dan baru ngejalanin semester ke4, jadi masih belum bisa apply ya kak? makasih sebelumnya kak 🙂

    Like

  11. Assalamu’alaikum kaak. Ngomong2 aku masih kelas 11 naik kelas 12, sekolahnya pesantren (boarding school) Tertarik banget buat lanjut kuliah ke turki. Kalo untuk tempat tinggal disana gimana kak? Nyari sendiri atau di asrama gitu? Terus, untuk pendaftaran tahun depan kira-kira tanggal berapa yah?

    Makasih banget buat jawabannya 😀 Doain aku biar diterima tahun depan kaak. Semoga kakak sukses disanaa

    *btw, kakak dulu pesantren dimana?

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah. Kalau berangkatnya melalui beasiswa Turkiye Burslari, udah ga perlu cari-cari lagi karena sudah mereka yang menentukan. Kecuali seperti beasiswa TUBITAK (untuk master & doktoral) atau kuliah mandiri. Tiap tahun pasti berubah, nanti akan ada pemberitaan dari official mereka.
      Aamiin terima kasih doanya. Aku dulu di pesantren Raudhatul Ulum di daerah Palembang. not a well-known yet

      Liked by 1 person

      1. Duh, maaf kak. Aku nanya dua kali soal pesantren, soalnya aku gatau pertanyaan ini udah dijawab ._. Maafkeun yah ka.

        Hmm, aku mau nanya lagi kak.
        Kalo nggak salah dari yang aku baca, kan dapet uang 200 USD atau berapa liraa gitu tuh. Nah, itu untuk keperluan pribadi atau gimana? Mungkin kaka bisa ngasih contoh penggunaan uang yang 200 USD itu

        Like

      2. Yang diterima adalah Turkish Lira yang dikirim ke rekening kita disana nanti. Untuk S1 dapatnya 600 lira.
        Penggunaannya tergantung di kota mana tinggalnya. Kalau di Istanbul, pengeluaran penting tiap bulan itu adalah Transport 80TL+Pulsa 30TL+Makan Siang (di kampus) 20TL = 130 TL
        Tiap tahun pengeluaran diatas biasanya beda-beda

        Like

  12. Kak klau kita dftar beasiswa di turkiye burslari kita hrus juga ngga sih kak dftar masuk buat universitas yg udh disediain di programnya?? Atau kita cuman dftar di turkiye burslari trus dri YTBnya nnti yg dftarin kita di universitas sana klo kita lolos

    Like

    1. Untuk jurusan sana universitas nanti akan dipilihkan oleh pihak YTB dari lish pilihan jurusan&universitas punya kita. Kayanya YTB cuma kirim nama kita ke kampus tempat kita diterima, nanti kitanya datang ke kampus dan daftar sambil bawa berkas-berkas yang dibutuhin termasuk LOA dari YTB

      Like

  13. Assalamualaikum Kak ^_^
    Maaf, aku mau nanya masalah Beasiswa ini.
    Ini pertanyaan aku. soalnya semua artikel kakak udah aku baca.
    Nah sekarang aku mau nanya yang belum aku mengerti. maaf ya kak.
    1. Martial Status di Family Information itu status kita kah? sudah aku isi Single.
    2. Ethnicity gimana maksudnya kak? itu sudah aku isi Indochinese. -_- betul kah?
    3. Menu Contact Info, itu yang menu “Please state how long you have been living on this address in months or years.” Itu gimana maskdunya kak? itu kan alamat kita asli sih? kok dikasih 2 pilihan Year atau Month, padahal kan selama-lamanya aku tinggal disana.
    4. Masalah rata-rata nilai, Di Education Information. Rapot aku ada yang pake nilai bilangan ada juga nilai A,B,C atau D. jadi yang harus aku isi disana apa kak? nilai bilangan atau nilai A, B, C, atau D.? maksudnya Grade type nya apa?
    5. Kak maaf, aku belum ngerti yang masalah Certificate of Student Status itu belum ngerti aku kak. dan Transkrip nilai semester 1 – 5 itu maksud nya digimanakan kak? tolong kasih tau. ^_^
    6. Di menu Turkiye Experience, ada “Do you have a relative who is currently or was previously a holder of a Türkiye Scholarship?” aku choose Yes. dan ada nama yang harus disertakan, nah, nama itu nama kakak yang aku sertakan. boleh ngga?, trus “Purpose of your stay in Turkey” nya aku jawab For study insya allah. Bener ga sih? -_-
    7. Kak Apply Deadline of Scholarship of Turkiye Bursalri 2017 itu 31 Maret ya kak?
    8. Di Menu Social Activities. ada Award, Project, Certificate. itu apa kak? apakah itu Sertifikat Prestasi aku yang pernah aku dapet, kaya MTQ gitu? kalau iya, Piagam Sertifikat nya di Scan dan dikirim kan?
    9. Itu Di Ortaokul itu SMP kan kak? kalo iya, aku kirim Ijazah SMP juga kah? dan juga itu kan ada menu High School juga, antara 2 itu, diisi salah satu atau semuanya kak?
    Terima kasih banyak kak, maaf pertanyaan nya belum aku ngerti semua. mohon kasih tau aku ya kak,
    Barakillah wa jazakillah fi umruk. Semoga sukses selalu ^_^ .Saya mewakili pertanyaan teman-teman juga kak disini.
    Assalamualaikum ^_^

    Like

    1. Waalaikumsalam,
      1. Martial Status itu maksudnya memang statusnya kamu: kalau belum menikah ya isinya Single

      2. Ethnicity itu etnis atau suku. Aku kurang tahu kalau untuk yang ini, kalau memang harus diisi ya isi aja apa yang ada, kalau ga harus diisi lewatin aja dariada bingung.

      3. Itu kan artinya “sudah berapa lama kamu tinggal di rumah kamu yang sekarang”, bukan sampai kapan.

      4. Grade typenya ada yang huruf ngga?
      Tp biasanya selain ada grade dalam huruf, ada keterangan nilai pake angka kan? Pakai yang angka aja kalau memang di option ngga ada pilihan gradetype huruf.

      5. Tentang transkrip nilai dan cetificate of student status sudah aku jelasin di postingan “Mari Bersiap”

      6. Relative itu maksudnya anggota keluarga dek, kalau arti aslinya. Aku kan cuma kenalan. Sebaiknya dikosongin aja.
      Jangan pakai insyaallah, jadinya terkesan ngga formal. Langsung isi aja apa tujuannya.

      7. Iya, bisa dicheck di websitenya.

      8. Iya. Itu sertifikat prestasi dan penghargaan. Bagusnya dipilih prestasi yang mendukung jurusan yang kamu pilih. Iya discan.

      9. Isi salah satunya aja. Kalau kamu mau apply buat S1 ya pilih yang SMA aja.

      Aamiin ya Rabb. Wassalamu’alaikum :))

      Like

  14. Kak, yang dimenu education information itu ada kolom diploma, itu loh yang tempat wajib upload file. itu apa kak?
    kalo transcript kan nilai transkirp kita. nah, kalo diploma itu apa kak? tolong kasitau ya kak.

    Like

  15. Assalamualaikkum ka Asma, maaf mengganggu ka. Aku sudah coba daftar scholarship ke Turki tahun ini, dari awal bulan dibukanya pendaftaran, tapi masih kesulitan dalam mengisi nomor induk kependudukan. sebenarnya untuk mengisi option yg itu harus diisi dengan apa ya ka,? sedaangkan untuk option ID card nya aku coba isi dengan no ktp malah bisa ka.

    oh iya ka, untuk option ID card lebih baik diisi dengan no paspor atau apa ya ka,? nomor paspor aku insyaaAllah baru jadinya hari senin besok, jadi lebih baik pakai no ktp atau apa ya ka?

    makasih sebelumnya ka, blognya membantu sekali. 🙂

    Like

    1. Waalaikumsalam.

      Untuk ID Card sekarang sepertinya memang harus pakai KTP, karena seingatku sudah ngga ada opsi lain selain itu. Thn 2014, kami bisa milih opsi lain untuk ID card. Kalau memang ada pilihan lain, di pilih aja.

      Nomor KTP aja ngga apa-apa. Belum harus punya paspor sebenarnya ketika daftar. Wajib punya itu ketika sudah dinyatakan lolos seleksi tahap kedua yaitu wawancara.

      Sama-sama. Di-share juga ke teman-teman yang membutuhkan ya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s