#RandomThought : Main Jauh

Beberapa hari yang lalu, satu kota lagi di Turki udah checked dari daftar nama kota-kota yang harus dikunjungin di Turki; Ankara.

Iya, Ankara. Gila, ya. Udah mau 3 tahun di Turki tapi main ke Ankara-nya baru kemarin. Hih. Keasikan di Istanbul kali ya si Asma?

Well, Istanbul tuh memang cantik banget sih. Anak-anak sini punya kata-kata yang bunyinya gini, “anak luar Istanbul pasti main ke Istanbul, tapi anak Istanbul belum tentu main ke kota lain.” Saking karena Istanbul emang udah punya hampir segalanya. (Hampir loh ya, bukan ‘udah’)

Tapi kan sayang, ya. Bertahun-tahun tinggal di luar negeri tapi malah ngga nge-trip kemana-mana. Makanya meskipun di Istanbul udah ada banyak, kemauan main ke kota-kota lain tuh pasti ada. Lagian, kadang suntuk juga sama Istanbul yang ujung keujung isinya manusia (walaupun manusianya pada indah sedap dipandang mata *eh)

Kalau ditanya sampe sekarang Asma di Turki udah kemana aja?, baru bisa sebut beberapa kota doang; Kocaeli (sebelah Istanbul), Sakarya (sebelahnya Kocaeli, Bursa (agak jauh sedikit), sama Ankara. Itupun kesana bukan buat main, tapi urusan PPI. (

Kok baru segitu? Padahal Asma anak lama. Anak-anak baru aja udah pada kemana-mana. 
Ya karena memang kesempatannya belum Allah kasih. Waktu itu ada rencana ke Izmir sama Antalya. Tapi ngga jadi karena apa entah lupa. Trus rencana lagi pengen ke Canakkale. Tapi wes ngga jadi juga. Trus rencana pula ke Trabzon. Lagi-lagi ngga jadi. Ada aja kejadian atau keperluan lain yang bikin trip-nya harus dibatalin. Makanya kadang mikir kayanya ga usah pernah bikin rencana aja. Iseng-iseng aja ngecek website tempat jual tiket, kalau ada yang murah langsung sikat tanpa aba-aba. Ya pastinya harus udah dipertimbangin sama isi dompet biar pas kesananya ngga nggembel, bisa pergi doang gabisa pulang :(.

Jujur, hidupku penuh rencana sih. Pas masih di Indo pun pengen main kesitu, kesana. Tapi belum pernah kejadian. Trip sekolah ke Jogja, ke Malang, ke Pare, manalah itu aku pasti ngga pernah ikut. Entah selametannya sunatan adek, kacamata baru ilang trus Ummi marah, atau anggota keluarga sakit. Jejak kakiku di Indonesia baru sejauh Lampung sampe Jakarta-Depok doang. Makanya ketika yang lain dapat berita aku keterima di Turki, mereka pada bilang, “keren ya kamu, belum pernah jalan kemana-mana, tapi sekalinya langsung jauh.” Pujian, sih. Tapi kok aku malah prihatin sama diri sendiri :’

Tapi ngga apa-apa sih. Toh bumi segini gede buat kita itu setiap inch-nya milik Allah. Allah yang kasih izin siapa yang bakal nginjekkin kaki di situ, siapa yang ‘nanti dulu’. Walaupun belum pernah nginjek langsung tempatnya, Allah pertemuin aku dengan orang-orang dari mana-mana, aku kenal tempatnya dari cerita-cerita mereka.

Di tumit kanan-kiriku ada tahi lalat di tempat yang hampir sama. Orang bilang kan kalau punya tahi lalat di kaki atau telapaknya itu bakalan pergi jauh. Mitos sih, kaya kalau yang punya pusaran rambut dua itu berarti nakal, padahal mah dari mana korelasinya pusaran rambut sama kenakalan? :/

Gitu wes pokonya.

Intinya, nggapapa kalau kamu belum pernah main jauh. Nggapapa kalau duniamu masih sekitaran itu aja. Karena nanti, suatu hari, Yang punya tempat yang bakalan nganterin kamu. Dengan usaha, do’a, dan niat yang baik. Dompet lagi kosong pun kalau memang rejekinya pergi jauh ya bakalan pergi juga, bakalan nge-trip juga. Ya toh?. Sebelum kakinya yang melangkah jauh, biarin isi kepala kamu yang terbang tanpa batas.

Dan buat kamu yang udah sering kemana=mana, jangan lupa do’ain temennya biar bisa ikutan kemana-mana juga. Semoga nge-tripnya bisa terus mengantarkan kepada kebermanfaatan. Aaamiin.

23.55
Istanbul

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s