#RandomThought : Sendiri.

Kenapa banyak yang bilang kemana-mana sendirian itu menyedihkan? Padahal in some points, bukannya kesendirian itu dibutuhkan?

Belakangan banyak yang bilang ke saya kalau saya selalu kelihatan sendiri. Makan sendiri, pulang-pergi kampus sendiri, ke bioskop sendiri.. katanya “kok sedih sih sendirian mulu?,” yang ujung-ujungnya pasti ke “jomblo sih.” *facepalm*

Well–if you somehow don’t know about this yet–basically, some people just like being alone. Doesn’t mean that they hate hanging out with some friends or going anywhere in packs. They just love being left alone with only their thoughts. Selama sendiriannya ngga SELALU dan setiap saat, you don’t have anything to worry about us; introverts/ambiverts.

***

Sendirian mengizinkan kamu menghabiskan waktu dengan isi kepalamu sendiri. Kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan dirimu sendiri dan berpikir tentang hal-hal yang mungkin terlewat ketika kamu sedang ngumpul bareng teman.

Hal itu bisa tentang banyak sekali hal, mulai dari topik percakapan ‘berbobot’ yang terjadi beberapa waktu lalu, sikap-sikapmu terhadap orang lain, perkataan yang kamu sampaikan di depan umum bbrp hari lalu, hal konyol yang ngga sadar kamu lakukan, rencana-rencana kamu, bahkan tentang goal kamu sebagai orang tua suatu hari nanti.

Di Indonesia mungkin jalan kaki dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya lebih dari 1 km terasa menyiksa. Tp kalau keadaan atau lokasi sedang mendukung, dicoba aja jalan-jalan dari satu titik ke titik lain. Hindari handphone, atau bahkan ngga usah sambil dengerin lagu/musik apapun. Just try to listen and connect with the world around us.

Di tengah kota pun kegiatan ‘mendengarkan’ ini tetap mengesankan. Meskipun yang terdengar bukan suara alam, binatang hutan atau pepohonan yang menenangkan, suara-suara tersebut tetap mampu membuat kita berpikir tentang hakikat keberadaan kita (berat tjuy).

Belakangan saya coba berangkat ngampus jalan kaki. Jaraknya sekitar 4-4,5 km dan sepanjang jalan itu adalah pertokoan, karena memang jalurnya di salah satu distrik paling ramai di Istanbul. Tapi saya sendiri tetap suka aja lepas headset/headphone dan betul-betul memaksimalkan semua indera ini untuk menikmati suasana yg ada. Hampir sama kaya Indonesia kok. Suara obrolan disana-sini, klankson mobil, teriakan penjual/ada yang berantem, trotoar yg penuh dan seringkali ga beraturan.. you name it.

Pasti banyak yang berpikir juga kalau hal diatas itu membosankan as hell. Well, that’s you and what you think. You don’t have to force yourself to adjust the way we–the introvert and ambivert–think and enjoy something. Bcs what we find calming and interesting might be a ‘torture’ for you. And vice versa, what you find thrilling and fun, might be just a waste of time for us when we have too much of it.

Every single person is different, isn’t it? Everyone is unique with their own way.
If you have a friend who really loves spending his/her time on her own, don’t force them. As long as they still socialize in the weekend and come to your small birthday party or any discussion forum, they’ll be okay.

Just like you ‘charge’ yourself by being social, some of us do it by being alone. Just like some of us need to leave their personal space and socialize, in some points, you also need to leave your social life and gatherings and spend the time to yourself.


(Originally published in my Tumblr; ashanifah.tumblr.com)

One thought on “#RandomThought : Sendiri.

Add yours

  1. Ini tuh emang sesuatu yang cukup ngeselin, ya. Aku juga nggak sekali dua kali dikasihani karena sendirian. Nggak ngerti lagi deh solusinya apa supaya kegiatan mengasihani itu berakhir.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: